toko kue jakarta

Membuat kue merupakan salah satu rutinitas yang menyenangkan. Selain membeli di toko kue Jakarta. Anda juga bisa mencoba berbagai resep kue di rumah, untuk sekedar mengisi waktu luang Anda, atau untuk bisnis kue kedepannya. 

Salah satu momok ketika membuat kue adalah kue bantat. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi kan. Hasil yang Anda bayangkan di luar ekspektasi Anda. 

Penyebab Kue Bantat

Ada banyak alasan kenapa kue menjadi bantat. Berikut ini beberapa diantaranya : kesalahan dalam menakar bahan pengembang, kesalahan dalam mengocok adonan, komposisi bahan yang terlalu dingin, loyang yang digunakan terlalu besar, dan oven yang kurang panas.

Nah, agar hal itu tidak terjadi pada Anda, berikut ini beberapa tips toko kue Jakarta agar kue tidak bantat. 

Tips Mengatasi kue bantat

Pastikan Bahan dan takaran  sesuai dengan resep

Jika Anda mengambil resep dari majalah atau dari internet, pastikan Anda mengikuti resep tersebut dengan tepat. Baik takaran maupun bahan, harus sesuai yang tertulis dalam resep tersebut. Karena memasak kue berbeda dengan memasak masakan lain yang bisa disesuaikan dengan selera. 

Bahan Yang Digunakan Harus sudah bersuhu ruang

Pastikan bahan-bahan yang akan Anda gunakan sudah bersuhu ruang, tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin. Karena suhu bahan-bahan tersebut akan berpengaruh pada hasil kue. 

Misalkan Anda menaruh telur di kulkas, tunggu sampai bersuhu ruang, demikian juga bahan lain semisal mentega, dsb. Contoh lainnya, jika mentega harus dipanaskan dan dicairkan, tunggu hingga mentega cair suam-suam kuku atau tidak terlalu panas. Hal ini juga berlaku untuk coklat cair dan sebagainya. 

Kocoklah Adonan dengan Tepat

Jika Anda menggunakan mixer, perhatikan kecepatannya, Anda bisa mengaturnya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan urutan masuk bahan-bahannya. 

Jangan mencampur bahan secara  bersamaan. Tuangkan dengan sedikit demi sedikit sesuai urutan  semua bahan-bahan tersebut agar  tercampur rata dan tidak menggumpal. Hasilnya, adonan  tetap lembut saat dicampur. 

Ikuti  durasi pengocokan  yang disebutkan dalam resep secara tepat, baik dengan spatula maupun mikser. Jika Anda mengocok adonan terlalu sebentar, hasilnya kue menjadi kempis. Sedangkan kue ulang terlalu lama dikocok, akan membuat kue jadi bantat. 

Panaskan Oven Terlebih Dahulu

Sebelum digunakan, panaskan dahulu oven selama 5-10 menit. Agar kue yang masuk bisa mendapatkan proses mengembang yang sempurna. 

Suhu oven juga harus sesuai dengan yang tertulis dalam  resep.  Suhu oven  yang terlalu tinggi akan  membuat bagian luar kue cepat  gosong sedangkan bagian dalam belum matang. Sementara suhu yang terlalu rendah bisa membuat kue menjadi  bantat. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk agar kue tidak bantat. Kunjungi toko kue Jakarta untuk berbagai pilihan kue yang lezat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.