alat penghalus biji kopi

Sebagai peracik kopi profesional, kalian pasti tidak asing dengan coffee bean grinder. Bagi kalian yang masih awam dengan istilah itu, sesuai dengan namanya, alat ini akan membantu kalian mendapatkan bubuk kopi dengan tingkat kehalusan tertentu. Namun, untuk menjaga kualitas alat dalam jangka panjang, kalian mesti tahu cara merawatnya!

Alasan Perlu Merawat Coffee Bean Grinder

Sebelum mulai membersihkan mesin penggiling kopi, kalian mesti menyimak akibat jika hal itu tidak dilakukan, antara lain

  1. Rasa dan Aroma Kopi Berubah

Jika kalian sering menggunakan mesin penggiling untuk menghaluskan biji kopi yang berbeda-beda, kalian harus rutin membersihkannya. Pasalnya sisa bubuk yang masih menempel, selain sudah menjadi bubuk kopi yang tidak segar, bubuk kopi yang berbeda nantinya akan mempengaruhi rasa dan aroma kopi lainnya.

  1. Alat Cepat Rusak

Sisa bubuk kopi yang tertinggal biasanya menempel pada mata burr atau komponen internal lainnya. Jika dibiarkan sampai bertumpuk-tumpuk akan memperpendek masa pakai alat, terutama mesin elektrik yang harganya lumayan mahal, sayang banget kalau cepat rusak.

  1. Mengundang Serangga

Sisa bubuk kopi yang dibiarkan berlama-lama ikut mengundang masuknya serangga ke dalam alat grinder. Jika sampai masuk ke motor penggilingan maka mereka bisa jadi akan membuat sarang dan akan menimbulkan kerusakan fatal pada alat.

Cara Membersihkan Grinder Kopi

Berikut beberapa cara sederhana dalam menjaga kebersihan grinder kopi

  1. Hilangkan Minyak Kopi

Biji kopi yang digiling akan mengekstrak minyak kopi. Hal ini memicu bakteri melekat pada alat dan bisa merusak kualitas dari biji kopi. Untuk menghindarinya, gunakan beras yang dinilai efektif sebagai cara membersihkan grinder kopi manual maupun elektrik dalam menyerap sisa minyak yang tertinggal.

  • Masukkan beras secukupnya pada wadah penggilingan.
  • Giling beras hingga menjadi serbuk.
  • Buang bubuk beras dan lap sisa-sisanya yang masih menempel pada penggiling dengan tisu;
  1. Giling Sedikit Biji Kopi

Jika untuk digunakan setiap waktu, ada baiknya untuk menggiling sedikit biji kopi terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari kontaminasi sisa bubuk kopi sebelumnya yang masih menempel pada alat grinder;

  1. Pembersihan Total

Grinder atau alat penggiling kopi harus dibersihkan setiap 1 sampai 2 bulan sekali. Hal ini untuk menghilangkan kerak dan minyak biji kopi yang menempel hingga ke internal alat. Kalian perlu mencopot bagiannya satu per satu lalu membersihkannya dengan lap untuk bagian yang lebar dan kuas atau kapas telinga untuk bagian yang kecil-kecil.

Sebagai nyawa dalam proses membuat kopi, coffee bean grinder perlu dirawat secara rutin. Hal ini demi mencapai rasa dan aroma biji kopi yang dihaluskan menggunakan alat ini. Tidak hanya itu, dengan perawatan akan menjaga performa alat dalam jangka panjang.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.