ilustrasi cicilan kredit mobil

Selain harus memperhatikan semua syarat yang dibutuhkan dalam kredit mobil, pastikan Anda juga memperhatikan beberapa hal penting berikut ini. Mengambil cicilan kredit mobil akan mempermudah dalam mendapatkan mobil impian. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih cicilan kredit mobil. 

Memastikan Kesanggupan Uang Muka (DP)

Setiap penyedia pembiayaan kredit mobil perlu memberikan berbagai penawaran menarik yang bisa membuat Anda bingung dalam memilih DP murah. Tidak hanya itu, pengguna juga perlu memperhatikan tenor panjang, bunga cicilan rendah, dan keuntungan lainnya. 

Dari sinilah Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk pembiayaan kredit mobil sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing. Pilihlah produk pembiayaan yang menawarkan DP minimal, jangka waktu angsuran fleksibel, dan bunga ringan. 

Sesuaikan Proyeksi Dengan Kemampuan Finansial

Luangkan waktu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kredit mobil yang diinginkan dari internet dan lain-lain. Silahkan bertanya kepada teman atau keluarga yang sudah berpengalaman kemudian bisa mengontak langsung pada pembiayaan produk. 

Manfaatkan fitur simulasi kredit yang sudah disediakan untuk mengetahui proyeksi pembayaran sesuai kemampuan finansial. Tentukan sumber pendanaan yang digunakan mulai dari tunjangan kinerja, gaji pokok, dan penghasilan sampingan. 

Mencermati Suku Bunga yang Ditawarkan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya mengenai cicilan kredit mobil, setiap penyedia produk pembiayaan memiliki besar suku bunga dengan cicilan yang berbeda-beda. Rata-rata kisaran suku bunga berkisar 6% sampai dengan 8% dari tenor pinjaman 1-3 tahun. Ada pula penyedia produk yang menyediakan tenor panjang sehingga berbanding lurus dengan suku bunga alias makin tinggi tariff bunga yang akan dikenakan. 

Mempelajari Tentang Tarif Asuransi

Ada hal yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk memperhatikan keberadaan asuransi terkait cicilan mobil. Tarif asuransi kredit mobil dimulai dari persentase 0,2% sampai 4,2% per tahunnya. Hal ini bisa disesuaikan dengan harga mobil, jenis asuransi, dan juga wilayahnya. Besarnya tarif asuransi bisa dikalikan dengan harga kendaraan yang nantinya bisa dikredit atau tergantung dengan masa kredit. Sudah paham tentang tarif asuransi?

Terkadang banyak masyarakat yang tergesa-gesa mengambil layanan kredit mobil, tetapi masih belum paham mengenai tarif asuransi. Walaupun banyak orang yang tidak terlalu tertarik dengan asuransi, namun siapa sangka jika komponen ini sangat penting di masa depan. Anda bisa mencari informasi sedetail mungkin sebelum menggunakan layanan kredit mobil.

Periksa Besar Biaya Administrasi

Ada satu lagi komponen yang tidak boleh Anda lupakan dalam cicilan kredit mobil yaitu lembaga keuangan yang menangani kredit mobil atau besarnya biaya administrasi bank. Rata-rata biaya dalam administrasi kredit mobil per tahunnya yaitu Rp 1 juta sampai Rp3,5 juta. Jika Anda menginginkan jangka waktu pembayaran yang lebih panjang, maka biaya administrasinya akan semakin bertambah. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.