dokter gigi

Kebanyakan orang menganggap bahwa menggosok gigi dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari sudah sangat cukup untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Namun hal tersebut kurang tepat, sebab mulut adalah jalan utama masuknya makanan maka dari itu ada banyak bakteri yang bisa bersarang di dalam mulut dan gigi jika Anda tidak melakukan perawatan rutin pada dokter gigi spesialis terdekat. Berikut ini beberapa jenis perawatan gigi yang wajib dilakukan :

Scaling atau Pembersihan

Scalling atau pembersihan adalah tindakan yang dilakukan untuk membersihkan gigi dari karang gigi, plak lunak dan kotoran-kotoran yang berasal dari sisa makanan. Untuk membersihkan plak dan juga karang gigi biasanya digunakan alat khusus yang bernama ultrasonic scaler, agar hasilnya menjadi lebih bersih dan Anda juga bisa menghindari adanya penyakit gusi. Ketika Anda tidak rutin melakukan scaling maka plak gigi tersebut bisa menempel dan berkerak pada gigi yang akhirnya membuat gigi terlihat kuning, hitam atau bahkan berubah kecoklatan. Ketika scaling sudah selesai dilaksanakan, maka tindakan selanjutnya adalah pembersihan gigi dengan menggunakan sikat gigi yang akan bergerak memutar membersihkan gigi Anda secara menyeluruh. Sikat gigi tersebut juga sudah diolesi dengan pasta gigi agar bisa membersihkan dengan sempurna. Hampir semua dokter gigi spesialis terdekat menyediakan perawatan ini.

Memasang Sealant

Sealant adalah istilah yang digunakan untuk menyebut lapisan plastik yang digunakan sebagai pelindung pada celah gigi agar tidak ada sisa makanan atau kotoran yang masuk dan menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah. Proses pemasangan sealant biasanya dilakukan pada bagian gigi geraham, gigi belakang atau gigi premolar. Proses pemasangannya juga tidak sakit. Perawatan gigi ini sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang biasanya memiliki banyak gigi berlubang agar kerusakan pada giginya tidak menjadi semakin parah.

Tambal Gigi

Perawatan ini dilakukan pada bagian gigi yang berlubang. Tambal gigi dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah sampai merusak saraf gigi. Dengan adanya tambal gigi maka pasien juga bisa terhindar dari resiko sakit gigi karena gigi yang berlubang. Segera kunjungi dokter gigi spesialis terdekat untuk melakukan tambal gigi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.