bimbel sma

Masa SMA adalah masa paling berkesan bagi kebanyakan orang karena waktunya menghabiskan masa remaja. Namun jika anda memiliki anak SMA yang menginjak tahun terakhir, sebaiknya persiapkan untuk mengikuti bimbingan belajar (Bimbel) untuk menambah waktu belajar. Agar bisa memilih bimbel SMA yang tepat untuk anak anda, simak tipsnya berikut ini.

Apa itu Bimbel?

Bimbel atau bimbingan belajar adalah kegiatan belajar di luar waktu sekolah untuk membantu segala masalah pembelajaran di sekolah. Siswa yang mengikuti bimbel bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti meningkatkan prestasi, menyelesaikan masalah tentang materi yang belum dipahami, dan mengembangkan kemampuan bersosialisasi.

Cara Memilih Bimbel SMA yang Tepat

  1. Pilih yang Lokasinya Nyaman dan Asik

Lokasi bimbel adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih tempat bimbel. Bagi siswa SMA, biasanya mereka akan lebih suka dengan tempat yang asyik sehingga mereka bisa nyaman mengikuti kegiatan belajar walaupun waktunya lama. Lokasi yang bisa dipilih misalnya dekat dengan taman, dekat pusat kuliner atau dekat lokasi hiburan.

  1. Ketahui Metode Pembelajaran dan Fasilitasnya

Cara kedua dalam memilih bimbingan belajar untuk SMA yaitu metode pembelajarannya. Biasanya siswa SMA cenderung bersikap acuh terhadap sesuatu sehingga lebih sulit untuk menumbuhkan minat belajarnya daripada siswa SD atau SMP. Oleh karena itu, anda harus mengenali dulu bagaimana sifat anak anda, apakah dia akan cocok dengan metode yang diterapkan bimbel yang anda pilih. Selain itu juga perhatikan fasilitas yang disediakan bimbel SMA misalnya perpustakaan, e-book, konseling, dan lain-lain.

  1. Perhatikan Latar Belakang Tenaga Pengajar

Siswa SMA biasanya akan lebih nyaman belajar dengan seseorang yang lebih muda dan cerdas daripada dengan pengajar senior. Namun perlu diperhatikan juga kualitas latar belakang tenaga pengajarnya, karena tenaga pengajar yang cerdas biasanya lebih mudah beradaptasi dengan siswa SMA yang memiliki tingkat emosi yang tidak stabil. Untuk itu, pastikan memilih bimbingan belajar yang tenaga pengajarnya dapat membuat siswanya senyaman mungkin ketika belajar.

  1. Sesuaikan Budget Anda

Harga mahal tidak menjamin kualitas, lebih baik memilih sesuai keinginan dan kebutuhan dengan harga yang masuk akal dan berkualitas. Pertimbangkan harga yang diberikan sesuai dengan fasilitas dan jaminan belajar yang bisa diberikan.

  1. Cek Kualitas Materi yang Diberikan

Untuk siswa SMA, tidak hanya mata pelajaran saja yang perlu diperhatikan tetapi juga program pelatihan untuk persiapan masuk perguruan tinggi atau pendidikan berikutnya. Itulah mengapa, anda perlu memperhatikan materi yang diberikan sesuai dengan tujuan anak anda mengikuti bimbel SMA.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.