ilustrasi les private

Seringkali orang tua bertanya-tanya apakah anaknya perlu mendapat les private atau tidak. Apakah hal tersebut merupakan tindakan yang tepat atau justru akan bisa memberi beban tambahan bagi anak, sehingga akan membuat anak menjadi stress, dan lain sebagainya. Rupanya cukup banyak hal yang harus dipertimbangkan. Berikut ini adalah saat yang tepat untuk memberikan anak les.

Nilai Pelajaran yang Rendah

Apabila nilai mata pelajaran anak pada salah satu atau beberapa mata pelajaran atau bahkan pada seluruh mata pelajaran sangat rendah, bahkan jika sampai melewati ambang batas nilai minimal agar bisa dinyatakan lulus maka ini adalah tanda yang sangat jelas bahwa anak sangat memerlukan les privat. Nilai mata pelajaran yang rendah bukan berarti anak itu bodoh, tapi bisa saja hal tersebut terjadi sebagai akibat kurang cocoknya metode cara ajar bagi anak. Perlu diketahui bahwa ada tipe anak yang lebih mudah menerima pelajaran apabila diberikan dengan metode visual atau ada yang lebih cocok dengan metode auditori atau ada pula juga tipe metode Kinestetik. Hal seperti ini kurang tepat dan akan mengalami kendala bagi anak tertentu jika diberikan secara umum pada sistem pengajaran di kelas dengan jumlah anak, siswa peserta didik yang banyak jumlahnya dengan beragam tipenya masing-masing. Sehingga anak pun sebaiknya diberikan les privat, yang sifatnya lebih eksklusif dan bisa disesuaikan dengan tipe anak masing-masing agar proses belajar mengajar bisa lebih efektif. Juga bagi anak yang introvert dan pemalu maka bisa lebih terbuka dengan metode belajar yang lebih privat. Anak yang sebenarnya rajin dan tinggi minatnya pada pelajaran tak akan terganggu dengan opini dan komentar teman-temannya yang bisa saja kurang suka jika ada temannya yang rajin belajar dan suka bertanya di kelas. Orang tua atau walinya bisa membicarakan persoalan yang dihadapi anak kepada pengajar atau pihak les privat agar bisa mendapat garansi tukar guru pengajar jika kurang cocok dengan pengajarnya. Dengan suasana dan cara mengajar yang tepat diharapkan prestasi dan nilai sekolah anak pun bisa meningkat dan mencapai hasil optimalnya, bisa menjawab soal-soal tes dan ujian serta lulus dengan mudah.

Permintaan dan Keluhan Anak

Lalu juga apabila anaknya sendiri yang mengeluh dengan mata pelajaran di sekolahnya dan meminta agar diberikan les private. Maka inilah saat yang tepat dan sebaiknya permintaan anak tersebut. Les prifat yang sekarang juga diadakan secara online akan diberikan secara khusus, yakni satu pengajar atau satu mentor bagi satu siswa, sehingha akan bisa lebih fokus dan  membuat anak lebih percaya diri serta tanpa malu untuk bertanya, anak yang semula bersifat  introvert atau pemalu maka dengan metode les private akan bisa menjadi lebih pemberani dan terbuka serta tak perlu malu akan diperolok ataupun diejek temannya jika menanyakan hal-hal yang belum jelas baginya. 

Perhatikan selalu kondisi dan perkembangan anak sehingga bisa melakukan tindakan yang tepat bagi anak.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.