kosmetik

Kecantikan dan kesehatan kulit membuka banyak peluang, salah satunya adalah peluang bisnis kosmetik. Kosmetik sendiri memiliki kategori cukup luas. Anda dapat menggali lagi ceruk di bidang kosmetik untuk tentukan mana yang akan dijual. Mulai dari skincare, make up, body care, alat rias, dan lain sebagainya. 

Mudah Memulai Bisnis Kosmetik

Langkah termudah untuk terjun ke bisnis kosmetik adalah dengan Anda menjadi reseller ataupun dropship produk-produk kecantikan. Anda dapat bekerja sama secara langsung dengan produsen ataupun distributor untuk pengadaan produk kecantikan. Berikutnya, Anda hanya perlu menerapkan dan melakukan beberapa strategi pemasaran supaya e-commerce Anda dilirik oleh banyak calon pembeli. 

Anda ingin tantangan lebih? Anda dapat step up serta mempunyai brand kosmetik sendiri. Apakah hal ini bisa? Pastinya! Namun ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan saat mendirikan bisnis kosmetik Anda sendiri. 

Hal-Hal Perlu Disiapkan untuk Bangun Bisnis Kosmetik Sendiri

Peluang bisnis kosmetik memang menjanjikan. Namun, jika Anda ingin mendirikan bisnis satu ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. 

  • Mempelajari Aturannya Lebih Dulu

Ada bahan tertentu yang tak dapat dipakai di dalam pembuatan kosmetik. Semua ini sudah diatur BPOM melalui Peraturan No 23 Tahun 2019 mengenai Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika. 

Ada bahan tertentu yang bisa dipakai tapi penggunaannya dibatasi. Selain itu, ada juga sejumlah bahan pengawet, tabir surya, pewarna yang diizinkan. 

Untuk bahan tak diizinkan digunakan pada kosmetik, jumlahnya hingga ribuan. Daftarnya dapat Anda cek di bagian lampiran peraturan. 

Hal-hal ini harus Anda pelajari lebih dulu, karena Anda membutuhkan izin dari BPOM nantinya untuk bisa memasarkan dan menyebarluaskan produk kosmetik Anda. 

Jika produk kosmetik Anda tidak memenuhi syarat, pastinya akan ditarik dari peredaran. 

  • Pikirkan Mengenai Produksi Kosmetik

Saat menciptakan produk kosmetik, ada formulasi kimia perlu untuk Anda pelajari. Misalnya saja berapa persen kandungan pengawet pada kosmetik yang dibutuhkan dan lain sebagainya. 

Jika Anda bukan seorang ahli farmasi atau ahli kimia, Anda bisa mempertimbangkan untuk pekerjakan para ahli untuk bekerja sama dengan Anda agar dapat mengembangkan produk. 

Anda pun dapat mencari produsen label privat yang tawarkan kustom. Perusahaan-perusahaan tersebut didirikan untuk membuat kosmetik dan produk perawatan kulit yang sesuai dengan spesifikasi Anda. 

Opsi lainnya Anda dapat mempelajari berbagai hal mengenai kosmetik dan mendapatkan gelar pada bidang yang terkait. 

Memang membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun, tapi ini akan memberikan Anda pengetahuan yang mendalam mengenai produk yang Anda jual. 

  • Matangkan Rencana Bisnis

Tak ada investor atau bank yang mau membiayai usaha Anda jika tak mempunyai rencana matang serta visible. Buatlah perencanaan bisnis yang matang sebelum Anda kembangkan produk Anda. 

Paling tidak rencana bisnis Anda harus bisa cakup ikhtisar perusahaan, struktur organisasi, analisis riset pasar, rincian produk kecantikan, tinjauan strategi marketing serta penjualan, dan lain-lain. 

Menjanjikan dan mendatangkan banyak keuntungan hingga beberapa tahun kedepan peluang bisnis kosmetik banyak disukai dan dipilih. Jadi, penting untuk mengetahui berbagai hal sebelum mendirikan bisnis Anda sendiri. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.