Ilustrasi Bondek Untuk Atap

Bila bicara tentang konstruksi suatu bangunan khususnya untuk bangunan dua lantai. Tentunya Anda juga pasti sudah dengan yang namanya bondek. Ya bondek untuk atap memang kerap digunakan sampai saat ini. Namun jika Anda masih ragu, maka beberapa alasan yang ada di bawah ini akan membantu meyakinkanmu.

Lebih hemat dalam anggaran

Meski bondek untuk atap memiliki harga yang tergolong cukup fluktuatif. Namun sebenarnya jika dilihat lebih detail, pengaplikasian bondek bisa menghemat biaya yang diperlukan lho. Penghematan biaya yang diberikan oleh bondek biasanya akan lebih ke arah proses penggandaan bekisting lantai.

Bondek yang bisa difungsikan untuk floordeck dan form work bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengadaan bekisting lantai. Tentunya anggaran untuk bekisting lantai bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Penggunaan tiang penyangga lebih hemat

Ketika Anda memutuskan menggunakan bondek pada bagian pembuatan atap rumah. Maka penggunaan tiang penyangga pada proses pembuatan atap juga akan lebih mudah dihemat. Kenapa bisa begitu?

Hal ini karena bondek bisa dilebarkan dari jarak satu hingga 1,2 m dari jarak antar tiang. Hal inilah yang membuat penggunaan bondek bisa terkesan lebih hemat tiang penyangga.

Penggunaan besi lebih hemat

Tak bisa dipungkiri jika penggunaan bondek bisa lebih menghemat besi. Struktur bondek yang bergelombang bisa digunakan untuk tulangan dan tentunya hal ini akan menambah kekuatan beton. Lalu untuk penggunaan besi juga akan bisa dikurangi hingga dalam bentuk satu lapis saja. Selain itu penggunaan besi pada bondek juga bisa digantikan dengan material wire mesh.

Proses penggerjaan lebih cepat

Dalam proses pengerjaan bondek memang menawarkan kecepatan yang cukup signifikan daripada proses pengecoran beton dengan cara konvensional. Ketika proses pengerjaan sudah bisa lebih cepat. Hal ini akan mengurangi penggunaan tenaga yang berlebihan. Tentunya dari segi anggaran juga akan lebih diuntungkan.

Tahan api

Selanjutnya bondek juga merupakan sebuah material tahan api dan tahan akan suhu panas. Ketika terjadi kebakaran, material bondek bisa bertahan hingga kurang lebih dua jam berturut-turut.

Nah itulah beberapa alasan kenapa banyak orang menggunakan bondek untuk atap.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.