ilustrasi espresso astoria

Walaupun anda mempunyai mesin kopi espresso astoria yang berkualitas, tentu tidak ada gunanya jika tidak dibarengi dengan perawatan yang tepat. Tentunya jika anda menyukai suatu barang, ada baiknya juga memperhatikan perawatan barangnya.

Berikut ini ada beberapa tips tepat dalam merawat mesin kopi tersebut agar tetap awet,

Tips Merawat Mesin Espresso Astoria

  1. Perawatan yang Rutin

Setelah anda selesai membuat kopi dengan mesin, jangan lupa untuk selalu menjaga area sekitar mesin tetap rapi dan bersih agar bisa selalu mengoptimalkan kinerjanya.

Jangan lupa perhatikan bagian dip tray mesinnya, jika wadah tetesnya sudah mulai penuh maka bersihkan. Anda juga bisa cek di bagian indikator layar mesin pada bagian dregdrawer dan dreg plate mesin itu. Jika muncul indikator waktu pembersihan, maka jangan menundanya lagi.

  1. Perawatan setiap Minggu

Perawatan mesin kopi espresso astoria ini tiap minggunya harus dilakukan secara telaten juga. Cara paling aman anda bisa memperhatikan buku petunjuk yang sudah ada.

Bagaimanapun, janganlah mengambil langkah asal yang tidak sesuai dengan buku petunjuk tersebut agar bisa meminimalisir kesalahan penanganan pada mesin. 

Untuk jadwal mingguannya, anda bisa membersihkan bagian brewing unit, jangan lupa perhatikan melalui buku petunjuk agar tidak ada bagian yang salah dibersihkan nantinya.

  1. Perawatan setiap Bulan

Perawatan setiap bulan yang bisa anda lakukan akan menyesuaikan dengan frekuensi penggunaan mesin espresso astoria itu. Bahkan jika penggunaannya tidak terlalu sering, anda bisa melakukan selama 3 bulan sekali.

Nantinya mesin membutuhkan proses descaling yang rutin, terkadang akan muncul pada bagian indikator layar. Proses descaling ini akan difokuskan pada pembersihan komponen di bagian dalam mesin kopi ini supaya kinerjanya bisa selalu optimal. Dan salah satu bagian yang penting untuk dibersihkan adalah saluran pipa air.

Tentunya anda harus lebih perhatian dalam merawat mesin kopi berjenis espresso astoria ini. Jangan sampai hanya dibiarkan saja setelah membuat seduhan kopi tanpa anda rawat dengan tepat.

Beberapa tips diatas semoga saja bisa membantu anda dalam merawat mesin espresso astoria ini dan mesin kopi anda pun bisa digunakan sampai kapanpun itu tanpa ada kerusakan di dalamnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.