espresso machine

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu minuman yang cukup populer ini terutama bagi penikmat kopi, espresso menjadi minuman dengan rasa yang seimbang antara pahit, asam, dan manis, di mana pada proses pembuatannya menggunakan traditional espresso machine yang sampai sekarang masih digunakan karena rasa yang dihasilkan lebih pekat.

Mengenal Pada Bagian Tradisional Espresso Machine

  1. Portafilter

Sebagai yang digunakan untuk mengekstraksi bubuk kopi, di mana wadah bubuk kopi harus memiliki suhu yang sesuai. 

  1. Group head

Group head memiliki fungsi sebagai pusat proses ekstraksi espresso, di mana proses ekstraksi kopi ini menggunakan tekanan tinggi, sehingga dapat menghasilkan satu shot espresso beraroma harum yang ditambahkan dengan krim di bagian permukaannya.

  1. Tamper

Tamper memiliki fungsi untuk memadatkan bubuk kopi pada portafilter, caranya dengan menekan bubuk kopi pada tamper menggunakan telapak tangan. 

  1. Extraction switch

Memiliki fungsi untuk memulai dan menghentikan proses ekstraksi kopi yang dilakukan secara manual.

  1. Steam knob

Memiliki fungsi untuk menghidupkan dan mematikan steam (uap panas), di mana asalnya sendiri dari steam wand. 

  1. Steam wand

Steam wand sendiri adalah bagian dari tangki yang dapat mengeluarkan uap yang biasanya digunakan untuk proses untuk memanaskan atau membuihkan susu, di mana bagian ini terbilang sangat panas, sehingga Anda harus berhati-hati. 

  1. Knockbox

Knockbox sendiri digunakan sebagai tempat ampas kopi. 

  1. Drip tray

Drip tray sendiri merupakan wadah yang memiliki fungsi untuk menampung ampas kopi, di mana bagian tersebut seperti tempat pembuangan.

  1. Water boiler 

Boiler sendiri sebagai kontainer atau tabung yang ada di dalam mesin espresso yang menyimpan air panas  untuk membuat espresso dan membuihkan susu.

Mengetahui Sejarah Tradisional Espresso Machine

Traditional espresso machine merupakan salah satu alat yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kopi, di mana para pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama karena espresso termasuk dalam kopi tubruk, kopi yang diproses atau dibuat dengan metode tradisional. Hanya saja mesin espresso sebagai solusi atau cara yang tercepat untuk membuat kopi.

Mesin espresso pertama kali di kembangkan oleh bangsa Italia yang dulunya disebut sebagai mesin uap baru yang ekonomis dan instan. Namun, perkembangan dari zaman ke zaman mesin espresso ini sudah mulai banyak digunakan, apalagi untuk mereka yang memiliki usaha coffee

Itulah sedikit informasi mengenai traditional espresso machine yang sudah ada sejak dulu dan hingga sekarang menjadi bagian dari menu minuman yang cukup menjadi favorit banyak orang, jadi tidak heran jika minuman ini populer di berbagai kalangan dari generasi ke generasi dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.