mengenal produk tes kesuburan untuk wanita

Jika membicarakan mengenai kesuburan tentu kebanyakan orang akan menunjukkan kepada para kaum pria melalui tes kesuburan lewat sperma supaya dapat memberikan hasil yang jelas. Namun nyatanya tes kesuburan bisa dilakukan terhadap perempuan lho, ada beragam bentuk dan produk tes kesuburan untuk wanita yang bisa kamu coba sendiri. Berikut ulasannya.

Ragam Bentuk Tes Kesuburan Wanita

  1. Laparoskopi

Untuk melakukan cek kesuburan perempuan yang pertama bisa menggunakan alat yang bernama laparoskopi. Mekanisme kerjanya yaitu sang dokter akan melakukannya dengan menggunakan kamera kecil yang nantinya akan dimasukkan ke dalam perut lewat sayatan kecil yang mereka buat.

Lewat kamera tersebut nantinya sang dokter akan melihat keseluruhan yang ada di dalam panggul demi mengetahui sebab terjadinya infertilitas. Perlu kamu ketahui bahwa banyak sekali ragam faktor yang menjadi sebab utama seorang perempuan mengalami ketidaksuburan.

  1. Histeroskopi

Mekanisme ketika menggunakan alat yang satu ini memakai sebuah alat yang berbentuk selang tipis serta lentur yang telah dipasangi dengan kamera pada bagian ujung. Nanti selang tersebut akan dimasukkan ke dalam rahim perempuan agar dapat melihat kondisi di dalamnya serta nantinya akan diambil sampel jaringan jika dibutuhkan.

Meskipun demikian, mekanisme ketika menggunakan alat ini bisa bermanfaat lain untuk tahu sebab keluarnya pendarahan yang tak normal pada rahim. Semisal ketika sedang mengalami fase menstruasi dan terjadi sebuah pendarahan hebat pada masa menopause. Alat ini nantinya akan mendeteksi kelainan – kelainan yang ada pada rahim tersebut.

  1. USG Transvagina

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan salah satu produk tes kesuburan yang satu ini untuk mengetahui kondisi organ – organ kewanitaan. Mekanisme penggunaan alat ini sendiri hanya melakukan pengambilan gambar pada organ – organ reproduksi. 

Banyak sekali organ – organ yang bisa dicoba untuk ditelisik lebih lanjut keadaannya menggunakan alat yang satu ini. Mulai dari mengecek rahim hingga vagina, juga alat ini mampu untuk memberikan bantuan diagnosis kanker pada organ – organ reproduksi dalam rahim hingga vagina.

  1. Histerosalpingografi

Kemudian yang terakhir adalah alat histerosalpingografi atau jika disingkat menjadi HSG. Penggunaan alat ini hanya memakai foto rontgen saja demi melakukan pengambilan gambar terhadap rahim bagian dalam serta areal sekitarnya.

Melalui penggunaan HSG nantinya seorang dokter bisa melihat dengan lebih signifikan kondisi yang ada di dalam tuba falopi dan rahim. Maka dari hal inilah nantinya dokter akan memberikan diagnosis kepada pasien tentang kondisi rahimnya.

Penutup

Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu dari bergam tes kesuburan yang telah kami ulas di atas? Jika kamu tertarik kamu bisa mendatangi klinik maupun rumah sakit terdekat yang berada di area tempat tinggalmu.

Jadi itulah beragam bentuk dan produk tes kesuburan pada wanita yang bisa kamu coba sendiri, namun perlu diingat bahwa dokter yang melakukan pemeriksaan haruslah dari tenaga spesialis profesional di bidangnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.