Ilustrasi atap rumah

Atap merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah hunian. Fungsinya tak hanya sebagai pelindung, tapi juga membuat hunian terlihat lebih menarik. Untuk meningkatkan nilai estetika, banyak yang memilih genteng keramik atau atap multiroof pasir untuk ayam hunian karena terlihat lebih modern dengan varian warna yang beragam. 

Namun, dua poin ini saja tidaklah cukup untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih atap. Untuk mendapatkan tampilan fasad yang menarik, berikut ini cara memilih atap rumah yang tepat.

Tips Memilih Atap Hunian 

  1. Pertimbangkan Bahannya

Pertimbangan pertama dalam memilih atap rumah adalah bahannya. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya atap multiroof pasir yang cenderung ringan dan mampu meredam panas, stainless steel yang kokoh dan tahan terhadap berbagai cuaca, atau genteng keramik yang memberikan kesan elegan dengan warna-warna variatif yang kelihatan mengkilap ketika terkena cahaya matahari. Selain karakteristik, masing-masing atap juga memiliki budget yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda mencari informasi sebanyak mungkin sebelum menentukan pilihan.

  1. Sesuaikan dengan Kerangka Atap

Memilih genteng rumah juga harus disesuaikan dengan kerangka atap. Jika Anda memilih genteng berbobot berat, maka kerangkanya harus lebih kuat dan kokoh dalam berbagai cuaca agar tidak mudah rusak. Bila Anda ingin menghadirkan kesan yang lebih modern dengan atap multiroof, maka kerangka berbahan baja bisa jadi pilihan tepat.

  1. Sesuaikan dengan Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca juga perlu dijadikan pertimbangan saat memilih genteng multiroof pasir. Kenali cuaca paling dominan di kawasan Anda tinggal. Jika tempat Anda tinggal memiliki cuaca yang cukup panas, genteng multiroof pasir bisa jadi pilihan alternatif. Pasalnya, lapisan berpasir pada permukaannya mampu meredam panas dengan cukup baik. Apabila dikombinasikan dengan bangunan yang memiliki ventilasi cukup, maka hunian akan terasa lebih sejuk.

  1. Sesuaikan dengan Budget yang Ada

Terakhir, pertimbangkan genteng yang Anda pilih dengan budget yang ada. Masing-masing genteng dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. Ada yang dihitung per satuan, ada pula yang dihitung per meter. Untuk hitungan per meter biasanya berlaku pada genteng multiroof.

Instalasi Atap Multiroof Lebih Mudah

Seiring dengan perkembangan zaman, genteng multiroof makin populer di kalangan masyarakat. Selain karena lebih menarik, genteng multiroof juga dinilai lebih praktis dari segi instalasinya. Multiroof pasir biasanya berbentuk lembaran, sehingga Anda tidak perlu memasangnya satu per satu seperti genteng tanah liat.

Selain praktis, pemasangan multiroof juga dinilai lebih cepat. Daya tarik lain dari atap multiroof pasir adalah perawatannya yang mudah dan produknya yang tahan lama, sehingga Anda tak perlu menggantinya berulang kali. Meskipun instalasinya terbilang mudah, tapi kalau Anda belum terbiasa, tidak ada salahnya menggunakan jasa kontraktor untuk pemasangan atap agar hasilnya lebih memuaskan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.